Bill Gates melunasi utang Nigeria ke Jepang senilai Rp950 Milliar

Trending topik hari ini antara lain tentang hati mulia Bill Gates yang akan melunasi hutang Nigeria yang memiliki utang Rp.950 Milliar ke Jepang, pemerintah Jepang bersedia meminjamkan uang melalui Program Overseas Development Assistance (ODA) khusus untuk menanggulangi wabah Polio di seluruh dunia yang diselenggarakan pada 2014 lalu.
Berkat pinjaman dari Jepang, negara Nigeria pada tahun 2017 kemarin akhirnya bisa terbebas dari Wabah Polio dinegaranya, namun utang tersebut bisa dibilang sulit untuk dibayar lunas oleh Nigeria, karna kita tahu Nigeria masuk jajaran negara termiskin didunia dengan penduduk miskin terbanyak.

Dengan begitu pendiri Microsoft pun tersentuh hatinya dan akan turun tangan akan hal ini, Bill Gates mengumumkan bahwa ia akan melunasi semua utang Nigeria ke Jepang. Hal ini karena Bill Gates dengan istrinya Melinda Gates sangat peduli dengan isu kesehatan.

Tentu tindakan mulia Bill Gates tercapai berkat harta kekayaan yang dia miliki, karna kita tahu pencipta Microsoft ini sudah bertahun-tahun duduk diperingkat 1 sebagai orang terkaya didunia. Dan baru akhir tahun 2017 Bill Gates turun dudukan menjadi peringkat ke 2 sebagai orang terkaya didunia setelah dikalahkan Bos Amazon dengan harta berjumlah USD91.8 Milliar atau sekitar Rp1.243 Trilliun.

Dokumentasi Bill Gates saat di Nigeria
Bill Gates dan Melinda Gates menganggap bahwa Polio sebagai salah satu Prioritas untuk Bill&Melinda Gates Foundation, yaitu Organisasi Filantropis private terbesar didunia milik pendiri Microsoft dan istrinya itu.

Beberapa saat lalu, Bill and Melinda Gates Foundation mengumumkan akan menambah bantuan sebesar USD50 juta atau setara dengan Rp 625 miliar selama tiga tahun berturut-turut untuk pemberantasan polio. Artinya, tiap tahun yayasan tersebut memberikan USD450 juta atau sekitar Rp 5,6 triliun untuk melawan penyakit mematikan.

Setelah Nigeria bebas polio, ada dua negara lainnya yang masih disebit sebagai 'sarang polio', yaitu Pakistan dan Afghanistan. Peningkatan bantuan dari Bill&Melinda Gates Foundation difokuskan ke sana.

“Beberapa orang, terutama belakangan ini, berpikir bahwa dunia semakin buruk. Progres pada polio menjadi pengingat bahwa sesama manusia bisa mencapai sesuatu ketika bahu-membahu,” papar Bill Gates.

Upaya pemberantasan polio tak hanya membantu mengeliminasi penyakit di banyak negara, tetapi juga mendorong sistem kesehatan yang lebih baik dan meningkatkan respons untuk krisis penyakit global lainnya semacam ebola dan zika.

Akhir kata cukup sekian informasi yang dapat saya sampaikan, jika ada kesalahan mohon dimaafkan, untuk keseluruhan saya ucapkan Terima Kasih.

Sumber : Kompas.com
Tampilkan Komentar